depok.go.id – Camat Pancoran Mas (Panmas) Utang Wardaya saat ini tengah menyusun rencana untuk menekan kasus kekerasan di wilayahnya. Beberapa strategi juga telah diimplementasikan, untuk mewujudkan wilayah yang bebas dari kekerasan terhadap perempuan maupun anak.

“Pembinaan telah kami lakukan secara bertahap dan berjenjang kepada kader layak anak, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS), Warga Peduli AIDS (WPA), Forum Kecamatan Layak Anak (FOKLA) dan forum lainnya di Kecamatan Panmas. Pembinaan mengarah pada deteksi dini sebagai bagian dari pengetahuan dan pemahaman yang harus ditanamkan,” ujar Camat Panmas, Utang Wardaya di ruang kerjanya, Kamis (01/11/18).

Dikatakannya, pembinaan akan dilakukan secara masif, agar terarah dan lebih efektif. Pada tahap awal, kata Utang Wardaya, pihaknya akan memperkuat cikal bakal generasi dengan mempersiapkan mental mereka melalui pemahaman-pemahaman terkait ketahanan keluarga.

“Setelah itu, kita akan evaluasi secara berkala. Apakah anak sudah mendapatkan hak mereka seperti hak bermain, hak pendidikan, hak pengasuhan dan lain-lain. Jika belum, forum yang ada di kecamatan harus turun dan mengatasi hal tersebut,” ucapnya.

Dirinya berharap, melalui aksi nyata dan komitmen bersama, kasus kekerasan yang terjadi di seluruh wilayah bisa teratasi dengan baik.

“Poinnya adalah kita petakan permasalahan lingkungan, susun rencana dan masukan dari berbagai pihak, dan terjun langsung untuk melakukan pendampingan. Maka, masalah kekerasan di dalam tatanan rumah tangga bisa segera teratasi,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :