Ratusan pelaku UMKM di Kota Depok saat mengikuti pelatihan Laik Higienis dan Sanitasi di aula Serbaguna, lantai 10, gedung Dibaleka II, Kamis (01/11/18). (Foto: Jose/Diskominfo)

depok.go.id- Sebanyak 154 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner di Kota Depok diberikan pelatihan Laik Higienis dan Sanitasi. Pelatihan yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) tersebut guna memberikan pengetahuan kepada pelaku usaha terkait proses pengolahan makanan yang baik dan sehat.

“Pelatihan ini rutin dilakukan setiap tahun dengan tujuan agar pelaku UMKM kuliner yang menjual makanan siap saji bisa memiliki legalitas usaha yang jelas,” tutur Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro (PPUM), Diana Puspitasari kepada depok.go.id usai membuka kegiatan di aula serbaguna, lantai 10, Balai Kota Depok, Kamis (01/11).

Dirinya menjelaskan, pelatihan higienis dan sanitasi diadakan selama dua hari mulai 01-02 November 2018. Lebih lanjut, sambungnya, pelatihan meliputi cara-cara penyajian makanan yang laik sehat, mulai dari bahan baku yang segar dan sehat, tata cara pengolahan, hingga sarana prasarana sanitasi yang memadai.

“Jadi, peserta pelatihan dibekali dengan berbagai pengetahuan mengenai cara mengolah bahan makanan yang benar dan sehat. Mudah-mudahan apa yang mereka peroleh dari pelatihan ini dapat diterapkan diusahanya,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan, Ade Taufik (35), mengapresiasi adanya pelatihan bagi pelaku UMKM. Sebab, menurutnya, melalui pelatihan tersebut dirinya semakin memahami bagaimana pentingnya proses pengolahan makanan yang sehat sehingga masyarakat aman mengonsumsinya.

“Pelatihan ini sangat membantu kami sebagai pelaku usaha. Kami jadi tahu langkah-langkah dalam mengolah makanan yang baik, sehat, dan aman hingga ke tangan konsumen,” tutupnya.

 

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :