uiForum Studi Islam Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FSI Fisip UI) mengadakan kegiatan Social Politic Islamic Festival 2013 di Gedung RIK UI, Sabtu (30/11/2013). Acara ini merupakan konferensi mahasiswa aktifis dakwah untuk kampus Fisip se-Indonesia.

“Kegiatan terbesar dalam forum ini adalah gerak bersama. Kami berkumpul untuk membicarakan langkah strategis sebagai mahasiswa muslim dan mahasiswa yang berkompeten dibidang sosial politik,” tutur Penanggung Jawab Acara Fariz Adhan Saputra.

Mahasiswa Fisip UI ini mengatakan bahwa target yang ingin direalisasikan yaitu pada pemilu 2014. Momen ini sangat penting untuk menggerakkan mahasiswa se-Indonesia agar berfikir dan mampu melakukan tindakan dengan tepat.

Konferensi mahasiswa dilakukan dalam dua hari. Peserta berasal dari 13 Universitas di Indonesia. Mereka memperoleh ilmu yang diberikan oleh dua pembicara yaitu Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il dan Anggota DPR Mardani.

Mardani menjelaskan kepada seluruh mahasiswa yang hadir bahwa kondisi politik umat Islam saat ini sudah menurun. “Sejak pemilu 1999 berdasarkan public sector (yang terdiri dari eksekutif, legislatif, dan yudikatif) keadaan Parpol Islam mulai tidak terlihat. Hal itu terjadi karena adanya privat sector yang terlihat dengan munculnya kelompok cina yang mulai mendominasi,” ucapnya.

Hal senada, Nur Mahmudi Isma’il juga menambahkan jika kedepannya ingin membangkitkan kembali politik islam, harus ada tindakan pasti dari setiap orang.

“Kita dapat menjaring kesadaran politik bagi masing-masing individu. Tindakan yang dilakukan yaitu melalui perluasan program yang akan diperjuangkan. Misalnya mengenai pembuatan Perda tentang Miras di Depok, banyak landasan yang memicu peraturan tersebut,” tegas orang nomor satu di Kota Belimbing.

Mahasiswa yang terlibat pada konferensi ini akan berusaha menjadi agen perubahan. Mereka akan kembali ke wilayahnya masing-masing dan mulai membuat tulisan serta gerakan-gerakan. Hal itu dilakukan agar masyarakat sadar dan ikut bergerak dalam mewujudkan serta merealisasikan aspirasi untuk kemajuan Indonesia. (Diskominfo/Indri)

Bagikan post melalui :