Kenali Usia Ideal Wanita Hamil dan Melahirkandepok.go.id – Menikah dan memiliki anak merupakan salah satu metamorfosa kehidupan manusia untuk mempertahankan keturunannya. Selain itu, apabila dipandang secara psikis, Menikah dan memiliki anak merupakan kebutuhan biologis yang dapat dipenuhi oleh setiap pasangan, sehingga ada baiknya perlu diketahui sebenarnya berapakah usia ideal seorang wanita menikah, hamil, dan melahirkan.

Kepala Sub Bidang Pengendalian Kependudukan dan Informasi Pengolahan Data BPMK, Haryati Suparsih, mengungkapan berdasarkan pertimbangan fisik dan mental, usia terbaik melahirkan adalah antara 20 hingga 35 tahun, sehingga sangat dianjurkan bagi setiap wanita dapat menikah di atas 20 tahun.

“Seorang wanita itu siap secara fisik dan psikis untuk hamil dan melahirkan umur 20 tahun, kurang dari itu sangat beresiko terjadinya kematian ibu dan bayi dan sebisa mungkin hindari kehamilan atau kelahiran di usia lebih dari 35 tahun,” ujar wanita yang akrab disapa Asih itu saat dijumpai di meja kerjanya, Selasa (1/12/2015).

Asih menjelaskan, pada usia di bawah 20 tahun secara ilmu pengetahuan wanita memiliki organ reproduksi yang belum siap dan beresiko tinggi mengalami kondisi kesehatan yang buruk saat hamil. Selain itu, kondisi sel telur belum sempurna dikhawatirkan akan menggangu perkembangan janin. Kondisi yang sering terjadi ialah saat melahirkan berat badan bayi sangat rendah, maupun kelahiran prematur di mana kelahiran terjadi di bawah usia 37 minggu.

Sementara untuk yang hamil dan melahirkan di atas 35 tahun, Asih menuturkan memang masuk usia rawan kehamilan, namun apabila memang kondisinya tidak memungkinkan, Asih menyarankan untuk lebih menjaga kesehatan sang ibu secara ekstra.

“Karena di usia tersebut, tentu kondisi kesehatan sudah tidak terlalu fit ketika usia di bawah 35 tahun. Check up kehamilan dan konseling ke dokter kandungan secara berkala akan banyak membantu bagi yang mungkin mengalami kehamilan di atas usia 35 tahun,” tutup Asih. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :