depok.go.id – Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok pagi tadi melakukan Tes HIV/AIDS di Terminal Depok, Selasa (1/12/2015). Dalam pemeriksaan ini sopir, timer, kernet, pedagang, petugas terminal, dan penumpang menjadi target pemeriksaan.

“Pemeriksaan dilakukan secara sukarela tanpa paksaan, sehingga tidak semua personel Dishub dan sopir angkutan mengikuti tes kesehatan ini,” ujar Kepala UPT Terminal Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Endang Wahyu.

Endang mengatakan bahwa di terminal banyak sopir dari luar kota yang tidur di terminal. Hal tersebut memungkinkan mereka rentan  HIV/AIDS, maka sangat bagus mengikuti tes ini. Pihaknya pun sangat mendukung program kesehatan, apalagi memeriksakan kesehatan penting dan dilakukan dengan gratis.

“Jelas ini harus diapresiasi, apalagi diadakan untuk memperingati Hari AIDS Sedunia. Harapan saya sebenarnya 50 personel yang ada di Dishub area terminal ikut semua,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Eksekutif Organda Kota Depok, Hendra Burhani, mengatakan sopir, pedagang, timer, hingga pengurus Organda ikut berpartisipasi. Tidak ada pemberitahuan karena ada relawan yang turun ke lapangan dari panitia kegiatan. Sementara di terminal sendiri tes kesehatan rutin dilakukan di akhir lebaran H-7 dan H+7.

“Tes ini sangat baik bisa mengetahui penyakit sehingga akan ada antisipasinya, sopir juga bisa menanyakan informasi penularan HIV/AIDS dari mana saja,” ujanya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :