IMG_6677 IMG_6694 IMG_6698

“BPOM menemukan obat dan kosmetik yang mengandung BKO (Bahan Kimia Obat) beredar luas dipasaran,senilai lebih dari Rp. 20 M  adalah kosmetika ilegal yang tidak terdaftar di BPOM. ” ujar drg. May Haryanti  selaku Kabid Perbekes dan POM, dalam pembukaan Seminar Sehari “Waspada Efek Samping Kosmetik Ilegal dan Kiat Memilih Perawatan Kulit Yang Aman” ,Lanjutnya “Efek samping kosmetik berbahaya itu  dapat menyebabkan  reaksi kontak alergi, yang berupa timbul jerawat, kulit kemerahan (iritasi), atau bahkan dapat menjadikan kelainan pigmentasis”.

Acara seminar  semakin menarik karena dipandu oleh host gosip disalah satu TV Nasional Swasta yakni Ina Rosalin, dengan mendatangkan narasumber seorang dokter kecantikan yang berpraktek di Erha Klinik yakni dr. Susanthy U.S, Sp.KK  serta seorang artis berparas cantik, Ririn Dwi Ariyanti  .Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Selasa (1 Desember 2015) bertempat di Hotel Bumiwiyata di hadiri oleh  perwakilan kader seluruh kecamatan sekota Depok maupun perwakilan Puskesmas sekota Depok.

Para Peserta seminar sangat antusias mendengar paparan dari narasumber terkait, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Salah satunya dari Rahmawati, S.KM.  Ia menanyakan “Kaitan Flek dengan penggunaan Pil KB dan bagaimana mengatasinya?” . dr. Susanthy menjelaskan bahwa pil KB menyebabkan kerja hormon Estrogen meningkat, sehingga memicu peningkatan pigmen. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya flek di wajah. Walaupun tidak semua yang menggunakan Pil KB akan menimbulkan Flek di wajah. Ia menambahkan “Flek juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan. ” Kiat-kiat mengatasinya diantaranya adalah dengan menggunakan tabir surya, agar flek tidak bertambah, mencuci muka, serta gunakan krim malam yang fugsinya untuk meregenerasi kulit. Penggunaan krim dari dokter menurutnya juga tidak menyebabkan ketergantungan. Karena kulit wajah yang dirawat dengan menggunakan nutrisi, yakni krim pagi dan krim malam membuat kulit sehat dan menjaga kekenyalan kulit wajah. (drachma)

 

Bagikan post melalui :