kadis damkar

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Yayan Arianto. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Selama kurun waktu setahun yakni sejak Januari hingga Desember 2017, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok sukses menangani 243 kasus kejadian kebakaran di Kota Depok. Dari total kejadian tersebut, sebanyak 155 kejadian  kebakaran mayoritas karena arus pendek (korsleting) listrik.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Yayan Arianto, mengungkapkan, selain karena arus pendek, kebakaran juga disebabkan kompor gas sebanyak 51 kejadian dan penyebab lainnya sebanyak 37 kejadian. Dengan kerugian yang diderita mencapai Rp 8,8 miliar.

“Selama kurun waktu 12 bulan kemarin ada sekitar 243 kejadian kebakaran yang terjadi di 11 kecamatan se-Kota Depok,” ujar Yayan, di kantor Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Selasa (02/01/2017).

Dikatakannya dengan angka kebakaran yang ada ini, diharapkan warga untuk lebih waspada dan senantiasa mencegah hal-hal yang bisa menimbulkan peristiwa kebakaran. Dirinya mengingatkan warga untuk menggunakan listrik dengan benar, serta menggunakan desain dapur yang aman agar saat terjadi kebocoran gas, udara atau pun asap bisa keluar dengan cepat.

Begitu pun dalam penggunaan alat bantu penerangan seperti lilin, hendaknya dijauhkan dengan perabotan yang mudah terbakar. Ia juga meminta orang tua mengawasi anaknya, agar tidak memberikan korek api atau mainan yang memicu munculnya api di dalam rumah.

“Yang tak kalah pentingnya jangan sampai membakar sampah di rumah, karena ini bisa jadi salah satu penyebab kebakaran juga. Hindari menyimpan bahan bakar cair atau gas dalam jumlah yang cukup banyak di dalam rumah, dan paling penting lagi sediakan sarana proteksi kebakaran di rumah kita,” katanya.

Selain menangani kejadian kebakaran, tambahnya, dinas yang dipimpinnya juga telah berhasil melakukan 307 aksi penyelamatan sepanjang tahun 2017. Adapun kejadian yang ditangani antara lain, pohon tumbang, evakuasi orang tenggelam, longsor, banjir, serta kejadian lainnya.

“Tahun 2018, insya Allah kami tetap berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Depok dalam penanganan kebakaran maupun penyelamatan,” tutupnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :