Kementerian Perdagangan RI telah menghentikan izin kegiatan impor apel jenis Granny Smith dan Gala asal Amerika Serikat (AS) yang terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes.

Bakteri listeria merupakan nama bakteri yang ditemukan pada tanah, air dan beberapa hewan termasuk unggas dan ternak. Bakteri ini bisa menginfeksi manusia, salah satunya lewat makanan.

Gejala awal terinfeksi bakteri listeria adalah demam, nyeri otot, pusing, badan lemas, muntah-muntah dan kadang didahului dengan diare. Gejala-gejala tersebut dapat muncul selama beberapa hari, bahkan sampai beberapa minggu.

Jika infeksi listeria sudah menyebar ke sistem saraf, maka gejala yang timbul dapat berupa sakit kepala, leher kaku, tingkat kewaspadaan, kehilangan keseimbangan dan kejang. Bahkan infeksi ini bisa berujung pada kematian.

Saat ini Disperindag sedang berkoordinasi dengan Dinkes dan Distankan untuk mengawasi peredaran apel tersebut di Depok.

“Untuk swalayan, sudah mereka tarik. Yang harus diperhatikan pedagang buah di pasar tradisional dan pinggir jalan,” ucap Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Disperindag Kota Depok Diarmansyah, Jum’at (30/01/15) di ruang kerjanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengawasan Obat dan Makanan Dinkes Kota Depok, Sih Mahayanti menjelaskan apel ini berbahaya bila dikonsumsi manusia. Dari identifikasi bahwa bakteri Listeria Monocylogenes dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal bagi bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem tubuh yang lemah.

Dijelaskanya, orang yang terinfeksi bakteri dari apel ini bisa mengalami demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Bahkan infeksi Listeria bisa menyebabkan keguguran pada perempuan hamil. “Sangat bahaya jika masuk ke tubuh manusia, mudah-mudahan masyarakat bisa memfilter apa saja makanan dan minuman yang masuk ke tubuh,” ujarnya. (Nita/ Diskominfo)

Bagikan post melalui :