Pemerintah Kota Depok melalui Sekretaris Daerah Kota Depok Etty Suryahati pagi tadi menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Osaki Jepang di Aula Lantai 5 Balaikota Depok, Senin (02/02/2015). Kedatangan mereka sebagai tindak lanjut dari kerjasama yang sebelumnya telah digarap selama kurang lebih tiga tahun dalam berkoordinasi menuntaskan permasalahan sampah di Kota Depok.
Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Osaki Jepang Higashi Yushiro beserta staf, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok Zamrowi, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok Wijayanto, serta beberapa perwakilan Bank Sampah Kota Depok yang tergabung pada Tangan Peduli Lingkungan (TaPe uLi).
Dalam paparannya, Walikota Osaki Jepang Higashi Yushiro bertekad ingin lebih menjalin kerjasama dengan Pemkot Depok. Mengingat selama tiga tahun belakangan ini, kerjasama yang telah terjalin berjalan dengan lancar. Depok pun sudah semakin kreatif dalam melakukan pemilahan dan penanganan sampah.
“Mari sama-sama kita lanjutkan kerjasama ini. Sehingga Depok semakin bersih dan masyarakatnya dapat terbebas dari sampah,” tuturnya.
Semenjak tiga tahun ini, Pemkot Depok telah mendapatkan arahan serta pelatihan dalam memanfaatkan pengolahan sampah. Dengan maksud agar sampah tersebut dapat menghasilkan uang dengan cara didaur ulang atau diolah menjadi kompos.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Depok Etty Suryahati mengatakan bahwa saat ini Kota Depok sudah memiliki kurang lebih 500 unit bank sampah. Semuanya melakukan pengolahan smapah menjadi barang tang berguna dan bernilai ekonomi. Selain itu, 13 UPS dari 24 UPS di Depok telah menerapkan sistem pengolahan sampah baru, dimana UPS tersebut hanya menerima jenis sampah organik saja.
“Alhamdulillah berkat kerjasama dengan Pemkot Osaki, kami pengolahan sampah di Kota Depok lebih membaik. Semoga kerjasama ini dapat terus terjalin,” tutur Etty mengharapkan. (Indri/Diskominfo)
Bagikan post melalui :