Kasie Pelayanan PMI

Kasie Pelayanan PMI, Imron Maulana. (Foto: Guntur/Diskominfo)

depok.go.id – Kepala Seksi Pelayanan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, Imron Maulana, mengatakan, selama ini banyak masyarakat yang masih kurang memahami tugas dan fungsi dari PMI. Menurutnya, masyarakat hanya mengetahui bahwa tugas PMI merupakan lembaga untuk mencari dan mendonorkan darah, padahal tidak sepenuhnya benar.

“Kadang masyarakat tahunya, yang namanya kemanusiaan cuma donor darah saja,” ucapnya, Kamis (2/2/2017).

Bahkan menurutnya masih terdapat masyarakat yang tidak memahami tugas pokok dari PMI yaitu dibidang kesehatan. Dia mencontohkan, saat menjadi tim penanganan bencana alam, ada masyarakat yang meminta PMI membantu memperbaiki kerusakan rumah warga, akibat bencana alam tersebut.

“Padahal kami membantunya terbatas dan tidak semuanya. Tujuannya agar masyarakat lebih terlibat,” sambungnya.

Menurut dia, ruang lingkup tugas Palang Merah Indonesia khususnya Kota Depok lebih luas dan tidak hanya sebatas mengadakan kegiatan donor darah serta memberikan bantuan saat terjadi bencana alam saja.

“PMI juga mempunyai tugas untuk membangkitkan swadaya masyarakat yang berada di sekitar,” ucapnya.

Selain itu, PMI Kota Depok juga memiliki beberapa tugas pokok yang bertujuan, untuk membantu Pemkot Depok. Dalam menciptakan kota yang nyaman dan unggul, diantaranya kesiapan dan penanggulangan bencana, pelayanan sosial dan kesehatan, penyebar luasan dan pengembangan aplikasi nilai-nilai kemanusiaan dan prinsip-prinsip dasar PMI, serta pembinaan generasi muda.

“Kami juga rutin mengadakan kegiatan kerjasama dengan pemerintah kota Depok untuk menyosialisasikan pencegahan wabah demam berdarah, dan penyakit tidak menular lainnya,” paparnya.

Untuk itu, PMI Kota Depok berencana ,untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara berkala. Adapun kegiatan sosialisasi ini akan dilaksanakan minimal satu tahun sekali. Diharapkan, dengan adanya sosialisasi tersebut, masyarakat menjadi lebih memahami tugas dan fungsi dari Palang Merah Indonesia. Selain itu, Imron juga berharap agar masyarakat dapat turut serta berperan aktif dalam menyampaikan aspirasi dan memberikan informasi saat terjadi bencana alam.

Penulis: Guntur Widyanto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita
Diskominfo

Bagikan post melalui :