Nina Suzana

Nina Suzanna, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka merencanakan program Pramuka Peduli. Foto: Fajar/Diskominfo

depok.go.id – Sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, untuk membangun Depok sebagai Kota Ramah Anak. Kwartir Cabang (Kwarcab) berencana menggagas program ‘Pramuka Peduli’ untuk mengasah kepedulian antar sesama.

“Program ‘Pramuka Peduli’ akan diibahas pada program kerja tingkat Kwarcab dan Ranting se-Kota Depok pada pertengahan Februari 2017. Untuk itu, kita sedang membina dan melatih pramuka di tingkat penggalang dan pandega se-Depok, agar peduli terhadap para korban bencana alam, melalui program Pramuka Peduli,” jelas Ketua Pramuka Kwarcab Kota Depok, Nina Suzana

Lebih lanjut, ungkapnya, program tersebut akan diawali dengan pengumpulan dana sukarela oleh anak-anak gugus depan (yang ada di sekolah) se-Kota Depok. Kemudian, dana yang terkumpul akan disumbangkan ke daerah yang terkena bencana alam di Indonesia.

“Jadi bantuan sosial tersebut akan kami berikan ke Kwarcab di daerah yang terkena bencana alam di seluruh Indonesia. Pramuka Depok siap membantu meringankan korban bencana alam,” tuturnya.

Dia juga menambahkan, dalam program Pramuka Peduli dilakukan tidak hanya sebagai bentuk solidaritas antar sesama, tetapi menjadi pengaplikasian dasar-dasar dari pendidikan Pramuka. “Jadi Pramuka Peduli itu selain menjadi bukti nyata keterlibatan kami di masyarakat, tetapi juga sebagai bentuk pengaplikasian nilai-nilai Dasa Dharma Pramuka,” sambung dia.

Sebelumnya, Kwarcab Depok juga pernah mengadakan kegiatan sosial di daerah-daerah terdampak bencana alam. “Daerah-daerah yang pernah kami bantu seperti Garut, Karawang, dan Kuningan,” tambahnya.

Rencananya, program Pramuka Peduli akan secara rutin diadakan setiap enam bulan sekali, yaitu bulan Juli dan Desember.

 

Penulis: Fajar Nur Cahyo

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :