hardiono3

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono meminta kepada Inspektorat Kota Depok untuk lebih proaktif dalam mengecek Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Perangkat Daerah. Ia berharap tidak ada kesalahan sebelum laporan tersebut diparipurnakan oleh anggota dewan dan dicek Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Kita harus memperlihatkan yang terbaik. Salah satu upaya untuk mengantisipasi kesalahan administrasi dengan mendorong Inspektorat lebih aktif dalam mengecek LKPJ, sehingga dapat mengoreksi terlebih dahulu, apabila ada kesalahan,” kata Hardiono di Balai Kota, Jumat (02/02/2018).

Selain mengecek LKPJ, Inspektorat juga diminta lebih intensif dalam melakukan pembinaan ke Perangkat Daerah (PD). Termasuk, mengingatkan kepada PD yang belum menyelesaikan laporannya.

Hardiono menambahkan, ada beberapa komponen yang akan dicek oleh BPK. Di antaranya, SPJ fisik, baik untuk belanja pegawai, barang dan jasa, serta modal. Lalu aset dinas, tunjangan kesra, termasuk mengecek kesesuaian kehadiran ASN lewat absen manual dan absen sidik jari (finger print).

Ditegaskannya, setiap tahun PD harus membuat LKPJ. Karenanya, ia meminta agar dalam pembuatan LKPJ tersebut, sesuai dengan standar dan tidak ada kesalahan sedikit pun.

“Intinya, pertanggungjawabannya sesuai dengan prosedur, jangan bikin celah. Apalagi fiktif,” tegasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :