depok.go.id – Sebanyak 354 sekolah di Kota Depok sepakat mendeklarasikan diri sekaligus melakukan penandatanganan komitmen terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA). Keseluruh sekolah ini terdiri dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat, baik negeri maupun swasta.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, dalam konsep SRA, yang ingin diwujudkan yakni sekolah yang secara sadar berupaya menjamin hak anak dalam aspek kehidupan yang terencana dan bertanggung jawab. Selain itu, SRA juga harus berkomitmen dalam pengembangan kemampuan anak secara spiritual, kemampuan pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, maupun peningkatan keterampilan sosial politik.

“Pemenuhan hak anak dalam SRA harus terencana dan bertanggung jawab, tidak hanya sekadar tanggung jawab berdasarkan undang-undang semata, namun tanggung jawab dalam menciptakan generasi unggul kepemimpinan bangsa di masa yang akan datang,” terang Mohammad Idris, usai membuka Deklarasi Sekolah Ramah Anak, di aula lantai 10 Gedung Dibaleka 2, Senin (02/04/2018).

Ditambahkannya dalam mewujudkan SRA, pihak sekolah tidak hanya menyiapkan sarana dan prasarana (sarpras) yang ramah anak semata. Akan tetapi, penyiapan kurikulum yang berbasis perlindungan hak harus sudah mulai dimiliki oleh setiap sekolah.

“Dalam SRA harus dibuatkan pula program keseharian anak didik, hingga perencanaan program di sekolah melakukan kegiatan yang bisa disinergikan dengan program pemerintah,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) Kota Depok, Sri Utomo menerangkan, 354 sekolah yang sudah memiliki predikat SRA sudah mendapat SK dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok. Ke-354 sekolah itu terdiri dari 20 sekolah TK, 111 Sekolah Dasar (SD), 1 sekolah Madrasah Ibtidaiah (MI), 211 Sekolah Menengah Pertama, 1 Madrasah Tsanawiah (MTS), 5 Sekolah Menengah Atas (SMA), serta 5 Sekolah Menengah Kejuruan.

“Mudah-mudahan dengan deklarasi hari ini dapat lebih memotivasi sekolah di Depok untuk segera mewujudkan SRA, demi tercapainya predikat Depok sebagai KLA di tahun 2021 mendatang,” harapnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

 

 

Bagikan post melalui :