depok.go.id- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terus berkomitmen dalam memaksimalkan pemberian suplemen tablet tambah darah (TTD) ke remaja putri. Kesepakatan tersebut juga dilakukan oleh sejumlah pihak antara lain Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Depok, Sekolah, serta Tim Pembina (TP) Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

“Komitmen ini kami buat agar saat pelaksanaannya ada tindak lanjut dari beberapa lintas sektor agar banyak remaja putri yang mengonsumsi TTD,” ucap Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kota Depok, May Haryanti, usai Rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam Pelaksanaan Suplementasi TTD di aula lantai 2, Balai Depok, Senin (02/04/2018).

Dikatakan May, dalam kesepakatan yang dibuat tersebut tertulis masing-masing lintas sektor harus memastikan semua sekolah yang mendistribusikan TTD kepada remaja putri menggunakan kartu kepatuhan minum TTD. Langkah tersebut dilakukan sebagai alat bantu pencatatan TTD bagi remaja putri di Kota Depok.

Selanjutnya, semua lintas sektor dapat terus bekerja sama untuk meningkatkan frekuensi dan edukasi di sekolah tentang pencegahan dan penanggulangan anemia di kalangan remaja putri.

“Dalam memaksimalkan pemberian TTD dan edukasi ke siswa, kami tidak bisa sendiri, maka dibuat komitmen ini agar semua dapat menjalin sinergitas dalam peningkatan cangkupan pemberian tablet penambah darah,” jelasnya.

Diharapkan dengan berbagai upaya yang dilakukan tersebut tidak ditemui lagi remaja putri di Kota Depok yang mengalami anemia. Dengan begitu, ke depan risiko tinggi saat mengandung dan melahirkan bagi perempuan tidak lagi ada di Kota Depok.

 

 

Penulis : Indri Purnama

Editor   : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :