depok.go.id – Bagi sebagian orang, sampah merupakan barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Namun, di tangan warga Perumahan Gema Pesona, sampah mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit jumlahnya.

Adalah Suwidi Tono, Ketua RW 11 bersama 208 warganya memanfaatkan sampah rumah tangga dan dikelola oleh Earth Bank yang terbentuk pada 2012. Gerakan ini mampu menjadi contoh bagi warga lain, bahwa banyak manfaat yang bisa diambil dari sampah agar tidak terbuang sia-sia.

Saat ini, Earth Bank yang dikelola kurang lebih selama tiga tahun ini mempunyai saldo lebih dari 42 juta rupiah. Saldo tersebut akan terus bertambah karena Earth Bank setiap bulannya menghasilkan 2 juta rupiah dari penjualan sampahnya.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari gerakan ini. Selain mendapat keuntungan dari sampah, lingkungan komplek yang berdiri di atas lahan enam hektar ini juga menjadi bersih, asri dan tidak ada tikus berkeliaran.

“Bagi kami, uang itu nomor dua, yang terpenting adalah tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman. Selain itu, sampah yang dahulunya masuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sebanyak 6 truk per minggu, kini berkurang dan hanya memasok 2 truk per minggu,” ujar Suwidi saat melakukan sosialisasi pemilahan sampah, kemarin (02/06/15) di Gema Pesona.

Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il yang saat itu hadir mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi warga perumahan yang memiliki kesadaran untuk mendirikan bank sampah dan dikelola secara mandiri ini.

“Ini merupakan satu-satunya komplek yang warganya mau mengelola sampah secara mandiri. Semoga ini bisa menjadi contoh untuk komplek-komplek lainnya supaya bisa mengikuti jejak Earth Bank yang dimiliki Perumahan Gema Pesona ini,” tutur Nur Mahmudi. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :