Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersalaman dengan Wakil Ketua II Baznas Depok Abdul Ghofar usai berzakat di Baznas Depok. (Bima/Diskominfo)

 

depok.go.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok menargetkan perolehan dana zakat di Ramadan 1440 Hijriah sebesar Rp 10 Miliar. Guna mencapai angka tersebut, pihaknya gencar melakukan sosialisasi dan membuka gerai Baznas di beberapa titik pasar modern (mal) dan kantor Balai Kota Depok.

Wakil Ketua II Baznas Depok, Abdul Ghofar mengatakan, target tersebut berdasarkan pada Rencana Kegiatan Tahunan (RKT) Baznas Depok. Kemudian untuk sepanjang tahun 2019, pihaknya menargetkan dapat mengumpulkan dana zakat sekitar Rp 17 miliar.

“Memang mayoritas target perolehan dana zakat di bulan Ramadan. Baik yang sifatnya zakat fitrah, maal, atau infak,” katanya, kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dikatakan Ghofar, sapaannya, antusias masyarakat dalam beramal di bulan Ramadan sangat tinggi. Karena itu, pihaknya ingin memanfaatkan momen tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Insya Allah kami akan rilis berapa dana zakat yang diperoleh di akhir Ramadan,” tuturnya.

Terkait distribusi dana zakat, sambungnya, Baznas berkomitmen hanya memberikan kepada kelompok-kelompok yang berhak menerimanya (mustahik). Untuk pembagiannya sendiri, akan dibagikan setiap pekan di hari Kamis.

“Jadi teknis pembagiannya tidak seperti di masjid-masjid pada umumnya. Mayoritas dana yang kami berikan kepada mustahik, dibayarkan untuk membantu pendidikan, kesehatan, dan ekonomi,” pungkasnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

 

 

 

Bagikan post melalui :