Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Ernawati (nomor kedua dari kanan). (Foto: Diskominfo)

depok.go.id- Kesadaran masyarakat menjaga kebersihan harus terus digiatkan untuk mencegah penyakit chikungunya. Penanggulangan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegipty itu dapat dilakukan dengan rutin melakukan aksi bersih-bersih di lingkungan.

“Kami imbau agar masyarakat melakukan aksi Jumat Bersih (Jumsih) dengan fokus di tempat-tempat yang mudah bersarang jentik-jentik nyamuk,” tutur Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Ernawati kepada depok.go.id, Senin (02/07).

Dikatakan Erna, sapaan akrabnya, masyarakat juga harus proaktif mewaspadai dan melaporkan jika ada warga terkena chikungunya. Selain itu, masyarakat juga harus mengetahui gejala dasar chikungunya seperti demam dan nyeri pada sendi-sendi.

“Masyarakat dapat lapor ke Puskesmas setempat jika ada kerabat atau keluarganya mengalami gejala ini. Langkah itu agar penanggulangannya dapat segera dilakukan dan wabahnya tidak meluas,” tambah Erna.

Dirinya berharap adanya kerjasama dari seluruh elemen baik dari kelurahan, RT, RW, serta masyarakat untuk galakkan aksi bersih-bersih di lingkungan. Tentunya demi mewaspadai berkembangnya jentik nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit chikungunya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :