nadepok.go.id- Upaya untuk meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan terus dilakukan Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas). Salah satunya melalui rapat koordinasi, Puskesmas Cipas menjalin kerjasama dengan lintas sektor baik kelurahan, PKK, LPM, maupun organisasi masyarakat bidang kesehatan.

“Dalam meningkatkan pembangunan kesehatan perlu ada dukungan dari berbagai pihak agar pelaksanaannya dapat maksimal dan tepat sasaran,” tutur Kepala UPF Puskesmas Cisalak Pasar Winarni Naweng Triwulandari kepada depok.go.id, belum lama ini.

Lewat kerjasama tersebut, lanjut Naweng, sapaan akrabnya, sejumlah upaya dapat dilakukan oleh semua pihak. Antara lain peningkatan program pembinaan pembangunan kesehatan di setiap sektor, dapat mengetahui peranannya dalam bidang kesehatan, serta dapat terus bersinergi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Dikatakan Naweng, melalui PKK pihaknya dapat memperoleh informasi terkait masyarakat yang mengalami gizi kurang. Selain itu juga dapat saling berkoordinasi dalam pelaksanaan Posyandu maupun Posbindu.

Sedangkan, melalui organisasi masyarakat seperti Pokja Sehat, Puskesmas dapat bersinergi dalam pembinaan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Tidak hanya itu, Puskesmas Cipas juga akan bekerjasama dalam membebaskan jentik nyamuk secara berkala.

“Masing-masing punya tupoksi yang berkaitan dengan kegiatan kami, maka diharapkan ke depannya sinergitas dapat terus terlaksana,” tutup Naweng.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :