depok.go.id- Sebanyak sembilan Puskesmas di Kota Depok sudah menjalankan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di tahun 2018. Penerapan tersebut dilakukan setelah sebelumnya hanya satu Puskesmas yang menjadi pilot project pelaksanaan PIS-PK yaitu Puskesmas Cimanggis.

“Tahun ini sembilan Puskesmas mulai melakukan pendataan program PIS-PK ke semua Kartu Keluarga (KK) yang ada di Kota Depok,” tutur Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Enny Ekasari kepada depok.go.id, Senin (02/07).

Menurutnya, Puskesmas yang menjalankan program PIS-PK tersebut berdasarkan kesiapan masing-masing Puskesmas. Sembilan Puskesmas pilihan itu antara lain Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cimanggis, UPT Puskesmas Cilodong, Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Kalimulya, UPT Puskesmas Sawangan, UPT Puskesmas Pancoran Mas, UPF Puskesmas Ratujaya, UPF Puskesmas Sukatani, dan UPT Puskesmas Limo.

Dikatakan Enny, masing-masing Puskesmas melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk mendata tingkat kesehatan dan penyakit yang dideritanya. Dengan PIS-PK ini ke depannya pelayanan kesehatan akan dapat ditangani lebih awal dan pelayanannya lebih meningkat.

“Diharapkan dengan program yang dijalankan sembilan Puskesmas ini dapat mengetahui status kesehatan keluarga di Kota Depok. Dengan begitu, tingkat kesejahteraan keluarga dapat terpantau dengan baik,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :