IMG_0409

Jamboree On The Air (JOTA) Pramuka tingkat Nasional digelar hari ini, Jum’at (02/08/2013) di Sekretariat KWARCAB Pramuka Kota Depok, Jalan Gelatik Raya, Komplek Gedung KONI Kota Depok. Sebanyak sepuluh anggota Pramuka tingkat Penegak Kota Depok yang hadir berkesempatan bertukar informasi dengan Pramuka se-Indonesia melalui frekuensi radio.

Kegiatan yang didukung oleh Organisasi Radio Amatir (ORARI) Lokal Kota Depok ini bermaksud membimbing peserta ini berkomunikasi melalui udara menggunakan Radio HF. Sedangkan perangkat yang digunakan adalah Radio Kenwood TS-440S dengan antena invertid ketinggian 12 meter di atas tanah dan menggunakan stasiun radio amatir dengan callsign YC1ZOH.

” Kami memberikan fasilitas dan bimbingan kepada adik-adik Pramuka untuk kegiatan JOTA ini, ” ujar Achmad Anggota ORARI yang menjadi pembimbing kegiatan ini.

JOTA adalah kegiatan Jambore di udara lewat media radio komunikasi amatir. Dalam Jota ini anggota pramuka dapat berkomunikasi dengan anggota Pramuka di Daerah lain dengan bantuan dari ORARI.

ORARI sendiri adalah satu-satunya wadah bagi amatir radio di Indonesia. Organisasi ini resmi berdiri pada 9 Juli 1968 atas dasar Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1967 dan  bagian dari International Amateur Radio Union (IARU) yang merupakan Organisasi Amatir Radio Dunia, karena kegiatan Amatir Radio adalah berskala Internasional.

” Kegiatan yang sekarang ini adalah tingkat nasional, selanjutnya nanti ada JOTA se-Asia Pasifik dan Internasional,” ujar Sariyo Sabani selaku Ketua Kuartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Depok.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, para Pramuka tingkat penegak juga diberikan pelatihan mengenai sandi morse dan tauziah mengenai agama. Selain itu mereka juga diharuskan untuk mencatat callsign dari Pramuka di tiap daerah di Indonesia.

” Nantinya akan diberikan piagam penghargaan untuk kelompok yang paling banyak mendapatkan callsign dari tiap daerah,” ujar Jumala, salah satu panitia pelaksana kegiatan.

(Diskominfo/Rysko)

IMG_0417

Bagikan post melalui :