IMG_7005

Konseling Menyusui yang diadakan oleh Dinkes Kota Depok di Lantai 1 Gedung Dibaleka II

depok.go.id – Konseling Menyusui merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Pekan ASI yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok tiap tahunnya. Hal tersebut dilakukan guna menerima semua keluhan masyarakat Depok khususnya dalam pemberian ASI ekslusif. Konseling ini berlangsung selama 1 hingga 5 Agustus 2016, di Lantai 1 Gedung Dibaleka II.

Rr. Anis HW, perwakilan dari Promkes Dinkes Kota Depok memaparkan bahwa konseling menyusui tersebut meliputi informasi terkait pemberian ASI ekslusif terhadap anak dan juga manfaatnya.

“Karena bayi yang disusui secara ekslusif itu cenderung memiliki nilai IQ yang lebih tinggi 2,6 poin, dan hal tersebut dapat mengurangi angka kematian akibat kanker payudara dan dapat dihindari dengan menyusui secara optimal,” ujarnya saat dimintai keterangan di Balaikota, Selasa (2/8/2016).

Lanjutnya, kegiatan tersebut berhubungan dengan ASI. Selain itu, konseling tidak hanya kepada ibu menyusui saja yang menjadi sasaran, melainkan diperuntukkan ibu hamil yang sering memiliki kecenderungan takut akan sedikitnya air susunya yang keluar.

“Tidak hanya itu, bapak atau suami pun menjadi salah satu sasaran dari kegiatan konseling. Maka dari itu ada sebutan bapak menyusui, karena bapak juga memegang peran penting terhadap psikologi ibu menyusui.,” ujarnya kembali.

Anis menambahkan, melalui kasih sayang dan pelukannya, istri tidak mudah stress dan anaknya pun akan tenang saat diberikan ASI serta akan berdampak pula dengan kualitas ASI.

“Karena ASI itu mengandung gizi yang komplit dan mengandung imunitas yang banyak untuk bayi,” lanjutnya.

Terakhir, Anis juga berharap dengan adanya konseling menyusui dapat meningkatkan cakupan ASI ekslusif di Kota Depok.

“Tentunya, mampu menghasilkan generasi bangsa yang cerdas dan sehat,” tutupnya. (Meida/Indri/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :