Ilustrasi bursa kerja. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok, Manto mengatakan, peningkatan perluasan tenaga kerja yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terhadap sejumlah pencari kerja (pencaker) diprediksi bisa melampaui target. Pasalnya, dari target 6000,  sampai tahun 2019 sudah 4301 pencaker yang diterima di perusahan besar.

“Kami ada program peningkatan perluasan kesempatan kerja yang kita targetkan selama lima tahun sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Sampai tahun ketiga, dari 6000 target, sudah 4301 pencaker yang tersalurkan. Jumlah ini akan terus bertambah sampai tahun 2021 nanti,” ujarnya, di Balai Kota, Senin (02/09/2019).

Dikatakannya, penyumbang terbesar penyaluran pencaker didominasi dari kegiatan bursa kerja. Manto juga menyebut, untuk kegiatan bursa kerja yang belum lama ini diadakan Disnaker, peminat yang datang sampai 3000 orang dari 4.424 formasi yang disediakan.

“Kegiatan bursa kerja memang selalu menarik perhatian para pencaker, dan ini menjadi penyumbang terbesar untuk penyaluran serta perluasan tenaga kerja. Apalagi, kegiatan tersebut bisa berjalan dua sampai tiga kali setiap tahun, sesuai kebutuhan,” katanya.

Manto berharap, capaian ini bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Depok. Namun, dirinya juga tidak menampik adanya pencaker yang berminat menjadi wirausawan, dan pihaknya berusaha mencari solusi terkait hal tersebut.

“Nah, untuk lulusan yang berminat menjadi wirausaha, kami tengah membahasnya bersama Perangkat Daerah (PD) terkait. Agar mereka bisa terfasilitasi, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran di Kota Depok,” tutupnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :