Bu Youlis depok.go.id – Indonesia memiliki beraneka ragam corak dan motif batik di masing-masing daerah. Sudah seharusnya masyarakat Indonesia mencintai dan melestarikan kebudayaan tersebut. Hal tersebut seperti yang dilakukan salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Depok yang gemar mengoleksi dan menggunakan pakaian dengan corak batik.

“Saya sangat senang menggunakan batik, karena di negara kita ini mempunyai bermacam-macam pakaian batik yang khas,” tutur Kepala Seksi Belanja Pegawai Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Depok, Youlis Aprilianti S saat ditemui di Balai Kota Depok, Jumat (02/10/2015).

Mantan Kepala Sub Bagian Keuangan di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok ini menambahkan bahwa dirinya memiliki banyak koleksi corak pada pakaian batik. Koleksinya tersebut di antaranya berasal dari Solo, Kalimantan, Pekalongan, Sulawesi, serta tidak ketinggalan dari daerah tempat tinggalnya, yaitu Depok.

“Untuk di Depok sendiri, saat ini sudah terdapat banyak corak batik yang menggambarkan lambang dan identitas Kota Depok, sehingga masyarakatnya harus menjunjung tinggi dan tentunya menggunakan batik khas daerahnya tersebut,“ terangnya.

“Masyarakat harus bangga bahwa depok sekarang sudah punya motif batik sendiri, tentunya harus mengenakannya,” tambah Youlis.

Terakhir, wanita asal Solo, Jawa Tengah tersebut berpesan kepada seluruh masyarakat khususnya di Kota Depok harus pandai memaknai hasil kebudayaan Indonesia yang beragam ini. Terlebih pada hari batik yang setiap tahunnya diperingati pada 2 Oktober. (Indri/Ed:  Faizal  Satrio – Diskominfo)

Bagikan post melalui :