depok.go.id- Sakit gigi bisa menyerang siapa saja, termasuk juga bagi anak-anak. Untuk merawat kesehatan gigi anak, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kota Depok memberikan edukasi kesehatan gigi bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok dalam bentuk sosialisasi dan pemeriksaan langsung.

Dokter Gigi RSUD Depok, Dian Saraswati mengatakan, untuk menjaga kesehatan gigi anak harus diajarkan menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi tersebut, yakni setelah mandi pagi dan sebelum tidur malam.

“Minimal sikat gigi 2 kali sehari, anak-anak harus diajarkan, dicontohkan, dan dibiasakan agar giginya dapat terjaga dengan baik,” ujar Dian, usai memberikan penyuluhan kesehatan gigi, di Posyandu Kenari, Jalan KSU Raya, Sukmajaya, Jumat (02/11/2018).

Selain itu, setelah anak makan atau minum susu, sebaiknya diberi minum air putih sambil sedikit berkumur. Hal ini guna menetralisir kondisi asam yang ada di dalam mulut.

“Jangan lupa juga untuk terus mendampingi anak saat menggosok giginya, meskipun sudah bisa. Pastikan seluruh bagian tersikat dengan baik, serta rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali,” ucapnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :