SDIT Al-Haraki meraih juara 1 dalam Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional Tahun 2018. (istimewa)

depok.go.id- Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Haraki, Kecamatan Pancoran Mas, berhasil meraih juara satu kategori Sekolah Swasta untuk Bidang Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), dalam Lomba Budaya Mutu (LBM) Tingkat Nasional Tahun 2018. Sekolah yang berlokasi di Jalan Belimbing No 1-2 ini, di babak final berhasil menyisihkan lebih dari 40 sekolah swasta se-Indonesia.

Kepala SDIT Al-Haraki, Dewi Hartati mengatakan, proses penilaian LBM 2018 dilakukan melalui dua tahapan. Yaitu penilaian terhadap portofolio sekolah dan visitasi dari dewan juri, untuk mengecek kesesuaian di lapangan. Selain itu, ada ekspose sekolah di babak final.

“Total peserta yang mengikuti ajang LBM 2018 itu, sebenarnya lebih dari 1500 sekolah. Tetapi, karena terbagi tiga kategori yaitu negeri, swasta, dan rujukan, jadi kompetitor kita sekolah-sekolah swasta. Alhamdulillah, setelah melalui proses yang cukup lama itu, akhirnya kami berhasil menjadi juara pertama,” kata Dewi, kepada depok.go.id, di kantornya, Jumat (02/10/2018).

Raihan juara pertama ini, kata Hartanti, tidak terlepas dari program penguatan pembelajaran yang dinilai oleh pemerintah pusat sebagai program yang bermutu. Mulai dari penataan manajemen sekolah, pembentukan pendidikan berkarakter, sekolah sehat, serta optimalisasi kinerja perpustakaan.

Dewi menambahkan, SDIT Al-Haraki mempunyai 20 inovasi dalam bidang pembelajaran, ekstrakulikuler, dan MBS. Dari jumlah tersebut, 12 inovasi ditekankan di MBS. Di antaranya, pengelolaan karakter positif peserta didik melalui musik, pelatihan manajemen pendidik dan kependidikan, dan peningkatan sarana-prasarana.

“Intinya dengan berbagai program dan inovasi tersebut, kita ingin mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA). Standar ini, sejalan dengan program dari pemerintah pusat, sehingga pelaksanaan di SDIT Al-Haraki menjadi tambahan poin tersendiri,” tutupnya.

Penulis : pipin nurullah
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :