depok.go.id – Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok terus berupaya melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap warung internet (Warnet). Hal tersebut dilakukan guna menjadikan Warnet memiliki dampak positif bagi masyarakat, sehingga seluruh Warnet di Kota Depok menjadi Warnet yang sehat sebagai cermin untuk Kota Depok yang cerdas.

Demi mewujudkan kota yang cerdas tersebut, Pemkot Depok memiliki Peraturan Daerah Kota Depok No. 03 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Komunikasi dan Informatika yang di dalamnya berisi mengenai ketentuan dalam izin usaha penyelenggaraan Warnet, persyaratan teknis tempat usaha Warnet, larangan usaha Warnet.

“Perda ini dapat menjadi acuan bagi para pengusaha Warnet untuk memperhatikan beberapa ketentuan, karena saat ini pengguna Warnet sudah meraba hingga kalangan pelajar,” tutur Kepala Diskominfo Kota Depok, Mohammad Fitriawan, saat memberikan pemaparan pada Sosialisasi Perda No. 3 Tahun 2015 di aula lantai 5, Balai Kota Depok, Rabu (02/12/2015).

Lebih lanjut, orang nomor satu di Diskominfo tersebut menambahkan bahwa pemberdayaan ini penting dilakukan mengingat banyak ditemui beberapa kalangan yang menyalahgunakan keberadaan Warnet untuk berbagai hal. Adapun masalah yang kerap ditemui yaitu adanya perjudian online, mudahnya menemukan sesuatu yang berbau pornografi, serta mudahnya melakukan pengunduhan program-program komputer ilegal yang dapat memicu kerugian sebuah lembaga.

Adanya Perda ini nantinya hal-hal yang merugikan tersebut perlahan dapat ditangani, sehingga keberadaan Warnet di Kota Depok dapat memberikan dampak yang baik untuk seluruh elemen, terutama para pelajar.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Depok, Harry Prihanto, yang dalam hal ini turut hadir mengungkapkan bahwa upaya yang dilakukan ini harus terus digalakkan. Tentunya, beban ini tidak hanya ditujukan kepada pemerintah saja, tetapi seluruh elemen masyarakat perlu terlibat secara proaktif untuk mewujudkan Warnet sehat di Kota Depok.

“Penanganan ini membutuhkan peran masyarakat agar Warnet dapat memberikan dampak positif untuk Kota Depok,” ujar mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Depok. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :