ABK down syndrome sedang melakukan kegiatan mewarnai dalam acara Kopdar Sahabat Potads, di Halaman SMP/ SMK Setia Negara, Kecamatan Pancoran Mas, Minggu (02/12/18). (Foto : Nita/Diskominfo)

depok.go.id-Upaya memfasilitasi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam bidang olahraga, dilakukan Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome (Potads) Kota Depok dengan membentuk Club Olahraga Depok (COD). Upaya tersebut dilakukan untuk mencari bibit unggul di kalangan ABK, yang nantinya diharapkan bisa berprestasi dalam ajang olahraga.

“Di Kota Depok sendiri kan belum ada komunitas khusus olahraganya, untuk itu hari ini kita bentuk dan kukuhkan yang anggotanya adalah orang tua dari anak down syndrome,” ujar Ketua Potads Depok, Lia Hayuningtyas, di sela kegiatan kopi darat (kopdar) Sahabat Potads Depok di Lapangan SMK/SMP Setia Negara, Kecamatan Pancoran Mas, Minggu (02/12/18).

Ayu menyebut, pihaknya ingin menunjukkan ke masyarakat, kalau ABK seperti down syndrome bisa dilatih dan melahirkan prestasi, bahkan sampai ke kancah internasional. Dirinya juga mengakui ABK di Kota Depok memiliki potensi, namun fasilitasnya perlu ditambah, agar ruang gerak atletnya bisa terus meningkat.

“Kami ingin nantinya anak down syndrome bisa tanding dalam ajang Special Olympic Indonesia (SOIna). Raihan juara hanya bonus, yang terpenting adalah melatih keberanian dan kegiatan tersebut bisa jadi terapi mereka (ABK). Untuk sementara kami hanya rekrut anak down syndrome, ke depan jika sudah rutin berjalan, kami mulai untuk anak disabilitas lainnya,” ucapnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :