akte lahirAkte kelahiran merupakan hak dasar setiap setiap anak, yaitu hak atas pengakuan sah suatu negara terhadap keberadaannya. Akte tidak hanya berdasarkan pertimbangan status kewarganegaraan, tapi juga terkait erat dengan aspek perlindungan anak terhadap ancaman perdagangan atau berbagai bentuk eksploitasi lainnya. Hal tersebut juga menjadi suatu faktor yang mendukung sebuah kota layak anak.

Atas dasar itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Mulyamto mencanangkan kemudahan pembuatan akte kelahiran untuk anak warga Depok. Beliau menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang merencanakan agar pembuatan akte dapat langsung dibuat di kelurahan.

“Kami akan turut sukseskan program Kota Layak Anak sesuai dengan bidang kami, yaitu mengenai akte kelahiran. Kami sudah merencanakan akan adakan pembuatan akte di kelurahan, langsung petugas kami yang akan datang ke lapangan, ” ujar Mulyamto.

Beliau mengatakan bahwa nantinya Disdukcapil akan lebih fokus kepada daerah P2WKSS terlebih dahulu, selain itu juga nantinya akan dilihat dari kesiapan pihak kelurahan untuk mengadakan pembuatan akte tersebut.

akte lahir-1“Untuk saat ini tidak bisa di seluruh kelurahan, kami fokuskan di lokasi P2WKSS terlebih dahulu, karena pelayanan di dinas cukup sibuk dan jumlah pegawai kita juga belum memadai,” lanjut Mulyamto.

Beliau juga menghimbau kepada warga untuk segera membuat akte kelahiran, karena seluruh anak tanpa terkecuali harus mendapatkan akte kelahiran. Akte merupakan salah satu hak anak, bahkan merupakan hak pertama kali yang dimiliki oleh anak. Terhadap hak anak tersebut negara harus memenuhinya dengan mencatatkan kelahirannya. (Diskominfo/Rysko)

Bagikan post melalui :