dr-lies-edit

Kepala Dinkes Kota Depok, dr. Lies

Meski terjadi di Amerika Serikak (AS), wabah bakteri Listeria Monocytogene yang diduga terdapat di buah apel harus diwaspasdai. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Noerzamanti Lies menghimbau masyarakat Depok untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) untuk mencegah bakteri tersebut.

“Dari pihak Dinkes intinya cuma satu, yaitu selalu terapkan PHBS yang memang sudah dianjurkan ,” ujarnya.

Lies mengatakan bahwa PBHS artinnya mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, sesudah buang kotoran, dan juga cuci tangan sebelum menyiapkan makanan. Khusus untuk buah-buahan, buah tersebut harus dicuci dengan air hangat.

“Intinya kita tak perlu khawatir, karena sebenarnya tangan kita selalu rentan kotor, dengan cuci tangan itu menjamin tidak ada bakteri atau kuman yang masuk saat kita makan,” jelasnya.

Listeria Monocytogene biasanya menyebabkan gangguan pencernan dan dapat menyebabkan diare serta dehidrasi. Hal ini akan fatal jika hinggap pada anak-anak. Sementara untuk orang dewasa, daya tahan tubuh tiap orang lah yang akan menentukan dampak dari bakteri tersebut.

Daya tahan tubuh ini lah yang menyebabkan resiko sakit tiap orang berbeda, ada yang bisa parah dan sakit tidak terlalu parah. Lies mengatakan bahwa daya tahan tubuh tiap manusia berbeda-beda.

“Apapun bakterinya yang kita takutkan, PHBS harus dilakukan dan Insya Allah akan berdampak baik pada daya tahan tubuh kita,” tutupnya. (Rysko/Diskominfo)

Bagikan post melalui :