BPS

Kepala Seksi Neraca Wilayah dan Analisis Badan Pusat Statistik Depok, Bambang Pamungkas. (Foto: Afifah/Diskominfo)

Depok.go.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok mencatat tingkat ekonomi kota Depok mengalami peningkatan, usai sensus ekonomi tahun 2016. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Neraca Wilayah dan Analisis Badan Pusat Statistik Kota Depok, Bambang Pamungkas saat ditemui dikantornya pada hari Jumat (03/02/2017).

“Jadi secara ekonomi umum dibanding dengan tahun 2015. Maka tingkat ekonomi Kota Depok di tahun 2016 mengalami peningkatan,” ujar Bambang.

Lebih lanjut, dia menuturkan, respons masyarakat terhadap petugas sensus juga sudah baik. Meskipun ada beberapa yang masih apatis dan harus dijelaskan terlebih dahulu oleh petugas sensus, tetapi hal tersebut bukan masalah besar, karena sebelumnya BPS telah melakukan bekal pelatihan dan sosialisasi kepada para petugas sensus.

“Sebagian besar masyarakat responnya baik. Meskipun ada beberapa yang sulit memberi data, mungkin alasannya karena mereka belum paham. Para petugas yang kita rekrut tentunya sudah kita latih sebelumnya, BPS beri pelatihan untuk mengurangi error dan bisa menjelaskan kepada masyarakat dengan baik.”jelasnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memang selalu berusaha mengevaluasi permasalahan yang ada di masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-programnya. Dalam hal ini Pemkot Depok bersama BPS melakukan survei-survei, untuk mengetahui kemajuan ekonomi masyarakat secara lebih spesifik. Dengan data ekonomi terbaru, maka Pemkot Depok bisa membuat perencanaan serta kebijakan dengan efektif dan tepat sasaran.

“Pemkot Depok kan sudah paham dengan data, bekerja berdasarkan data. Jadi data yang kami kumpulkan, selanjutnya dapat digunakan pemerintah, untuk membuat kebijakan-kebijakan yang bermanfaat untuk masyarakat,”paparnya.

Dia menambahkan, masyarakat diharapkan lebih bisa kooperatif dan menerima para petugas BPS. Walaupun pendataan yang dilakukan tidak bisa langsung dirasa dampaknya. Tetapi akan berdampak besar dalam jangka panjang bagi masyarakat Depok.

“Pesan saya kepada masyarakat adalah agar berbanggalah ketika menjadi sampel pendataan kami, karena tandanya terpilih untuk mewakili masyarakat lain, berikanlah data secara jujur dan sebenar-benarnya,”tandasnya.

Penulis: Nur Afifah Putri

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :