penyerahan kunci rtlh

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menyerahkan kunci kepada warga yang mendapat bansos RTLH di RT 06/RW 04, Sukmajaya, Kamis (02/02/2017). (Foto : Indri/Diskominfo)

depok.go.id – Program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemkot Depok, sangat dirasakan sekali manfaatnya bagi warga. Terbukti, hingga saat ini sudah banyak rumah dibantu perbaikannya sampai rampung. Termasuk yang terbaru, tercatat ada 10 rumah yang dirampungkan perbaikannya di Kecamatan Sukmajaya berdasarkan pengajuan bantuan sosial tahun 2014.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna berharap, warga yang rumahnya diperbaiki untuk dapat menjaga rumah barunya tersebut. Ia juga mengucapkan, banyak terima kasih kepada warga sekitar yang membantu proses perbaikan rumah.

“Selamat menikmati rumah yang baru ini, semoga ke depan lebih baik dan tentunya dapat menjaga rumah ini dengan sebaik mungkin,” ujarnya saat penyerahan kunci secara simbolis kepada Ibu Sawiyah di RT 06 RW 04, Kelurahan Sukmajaya, Kamis (02/02/17).

Ketua RW 04, Mahdiar menjelaskan, usulan untuk RTLH di wilayahnya semula sebanyak 12 rumah. Namun, karena ada pertimbangan tertentu, pihaknya membatalkan dua rumah tersebut.

“Rumah yang diperbaiki rencananya 12, tapi akhirnya hanya 10 karena ada kendala kepemilikan dan satu rumah sudah direnovasi oleh pihak keluarga,” tuturnya.

Mahdiar menyebut, setiap RTLH mendapat bantuan sosial sebanyak Rp 18 juta. Pada pelaksanaannya, nominal yang digunakan untuk perbaikan rumah melebihi jumlah bantuan yang diberikan. Namun, hal itu tidak menjadi penghalang karena masyarakat telah menghimpun dana swadaya mencapai Rp 10 juta.

Untuk proses renovasi, setiap harinya terdapat dua pekerja bangunan yang ditugaskan. Selain itu, warga juga turut serta membantu proses pembangunan agar selesai dalam waktu cepat.

“Alhamdulillah setiap Sabtu dan Minggu warga gotong royong bersama, sehingga perbaikan rumah dapat selesai dalam satu bulan,” tambah Mahdiar.

Penulis: Indri

Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :