Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il siang tadi menghadiri acara Deklarasi Menuju Pasar Bersih dan Hijau di Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, Kamis (03/04/2014). Turut hadir pula Asisten Ekbangsos Eka Bachtiar, Kepala DKUP Kota Depok Agus Suherman, Kepala Plt BLH Kania, Kepala DKP Zamrowi dan Kepala Plt Distarkim Wijayanto.

Deklarasi tersebut dilakukan oleh Koperasi Pedagang Pasar Kota Depok, Koordinator Pedagang Pasar, UPT Pasar, Forum Komunitas Hijau, Asosiasi Bank Sampah dan Warga sekitar pasar Cisalak. Pembacaan dan penandatanganan Deklarasi tersebut bertujuan untuk menegaskan komitmen bersama untuk mewujudkan pasar bersih dan hijau dengan memilah sampah, meningkatkan pengolahan sampah, penghijauan, penyediaan tempat sampah terpilah serta menjaga kebersihan drainase pasar.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pihak pasar yang telah bekerjasama dengan BLH dan DKP untuk menunjukan komitmen dengan civitas pasar untuk terus menjaga kebersihan dan melakukan penghijauan,” ujar Nur.

Nur menambahkan bahwa pihak pemkot berharap dengan adanya Deklarasi ini pasar di Depok dapat menjadi percontohan pasar yang bersih dan hijau bagi kota lain. Nur juga menghimbau kepada para civitas pasar untuk dapat mengoptimalkan drainase dan sarana yang sudah dibangun.

“Perilaku pedagang yang dikeluhkan warga karena berjualan di pinggir jalan juga harus dapat dilakukan upaya penertiban demi kelancaran bersama,” tambah Nur.

Sementara itu Kepala DKUP Kota Depok Agus Suherman mengatakan bahwa pihaknya terus menghimbau kepala UPT di tiap pasar untuk terus melakukan koordinasi dalam upaya meningkatkan penanaman pohon sesuai dengan program pemkot yaitu pembuatan taman arboretum. Beliau juga berharap agar para pedagang dapat sama-sama meningkatkan kebersihan dan keindahan pasar serta melakukan pemilahan sampah.

“Kami selalu melakukan aksi bersih setiap hari Jumat dan Rabu dengan melibatkan para pedagang, dalam upaya meningkatkan kebersihan dan selama ini antusiasismenya sangat baik,” ujar Agus. (rysko/diskominfo)

Bagikan post melalui :