pemilu1Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), menyelenggarakan sosialisasi tentang Pemilu pada Kamis (03/04/14) di Gedung Sekar Peni, Pancoran Mas Depok.

Acara yang bertemakan “Pemilih cerdas Pemilu Berkualitas, Menuju Pemilu Indonesia 2014 yang lebih Baik” ini dihadiri oleh Ahmad Arief perwakilan dari KPU Kota Depok, Ketua Panwaslu Sutarno, serta tamu undangan dari berbagai kalangan seperti PKK, perwakilan PGRI, beberapa organisasi perempuan dan perwakilan dari OPD.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kesbangpol Syafrizal berharap warga mengerti tata cara pencoblosan yang benar sehingga ini mengurangi kesalahan-kesalahan dalam pencoblosan. “Diharapkan mereka bisa menginformasikan kepada kader-kader yang lain dan meminimalisir adanya golput yang akhirnya dapat mendorong angka partisipasi agar terus meningkat,” ujar Mantan Kabag Hukum ini mengharapkan.

Sosialisasi ini sekaligus menjadi sosialisasi terakhir untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam pemilu 2014. “Tahap selanjutnya mengadakan rapat dengan kelurahan dan mengecek kesiapan di tiap-tiap TPS. Diharapkan sosialisasi terakhir menjelang pileg ini dapat menekan angka partisipasi rendah,” tambahnya.

Dalam kesempatan kali ini, Ahmad Arief lagi-lagi menjelaskan bahwa pemilu kali ini teknisnya adalah dicoblos bukan dicontreng lagi. Saat ini calon legislatif yang terdaftar di KPU sebanyak 553 dan tentunya masyarakat diharapkan untuk lebih selektif dalam memilih.

Senada dengan itu, para peserta melakukan dialog secara langsung dengan narasumber dan mengungkapkan segala pertanyaan, keluh kesah yang selama ini dirasa mengenai Pemilu, diantaranya masih banyak pelanggaran yang terjadi saat kampanye, keamanan kotak dan bilik berbahan kardus dll. Namun pertanyaan para peserta dapat dijawab dengan lantang oleh Panwaslu dan KPU. Acara di tutup dengan simulasi di TPS lengkap dengan bilik suara, surat suara dan kotak suara. (Nita/ Diskominfo)

Bagikan post melalui :