ilustrasi UNBK

Ilustrasi pelaksanaan UNBK. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 1 Depok, berjalan lancar. Tidak ada gangguan yang menghambat para siswa dalam mengerjakan soal. Terlebih, siswa telah dibekali pendalaman materi di sekolah, sehingga siswa lebih siap dalam menghadapi UNBK.

Kepala SMKN 1 Depok Rochmatul Cholil menjelaskan, seluruh siswa sebelumnya telah dibekali dengan aturan dan persiapan untuk melaksanakan UNBK. Dengan begitu, saat pelaksanaannya, seluruhnya dapat mengerjakan dengan baik dan tenang. Menurutnya, pelaksanaan UNBK digelar dengan tiga sesi. Untuk sesi pertama, dilakukan pada pukul 07.30 sampai 09.30 pagi. Sesi kedua pada 10.30 hingga 12.30 siang, dan sesi ketiga pada 14.00 sampai 16.00 sore.

UNBK ini, kata Rochmatul, digelar selama empat hari di sekolahnya yang berlokasi di Cimpaeun, Tapos. Hari pertama mata pelajaran yang diujikan, Bahasa Indonesia, kedua untuk mata pelajaran Matematika, dan hari ketiga mata pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan untuk hari keempat akan dilaksanakan ujian teori kejuruan.

“Latihan dan simulasi sebelumnya sudah dilakukan, sehingga siswa paham dan tidak kesulitan saat UNBK berlangsung,” tuturnya, Senin (03/04/2017).

Dalam pelaksanaannya, jelas Rochmatul, terbagi menjadi tiga sesi, karena sarana komputer yang masih terbatas yaitu, hanya 200 unit dengan jumlah siswa SMKN 1 Depok sebanyak 539 orang. Jumlah itu, masih ditambah dengan 255 siswa dari SMK yang menginduk di SMKN 1 Depok.

“UNBK ini untuk mengukur sejauhmana keberhasilan pelaksanaan kurikulum sebagai bahan pembelajaran, mengingat UNBK ini adalah bahan evaluasi keberhasilan kurikulum yang digunakan. Semoga anak-anak dapat lebih fokus mendalami materi, karena pelaksanaannya hanya satu kali dalam satu hari,” tutupnya.

Penulis: Indri
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :