puskesmas sawangan

Mulai 3 April 2017 UPT Puskesmas Sawangan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dari pukul 07.30-21.00 WB. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan membuat terobosan yang patut diacungi jempol dalam upayanya mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Terhitung mulai tanggal 03 April 2017 ini, Puskesmas Sawangan memperpanjang waktu pelayanan dokter umum dari 7 jam pelayanan, menjadi 13 jam 60 menit pelayanan.

“Mulai 3 April 2017 UPT Puskesmas Sawangan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dari pukul 07.30-21.00 WB, atau lebih panjang dari selama ini yang hanya pukul 07.30-14.30 WIB,” Jelas Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Elin Herlina, Senin (03/04/2017).

Elin menambahkan, dengan perpanjangan waktu pelayanan, setidaknya ada penambahan waktu sekitar 6 jam 30 menit. Penambahan waktu ini, juga diikuti dengan penambahan petugas Puskesmas yang berjaga.

“Kami sudah merekrut tambahan dokter, administrasi, perawat, maupun apoteker agar penambahan jam pelayanan kami semakin optimal ke masyarakat,” katanya.

Elin menyebutkan, selama ini Puskesmas Sawangan cukup diminati warga. Bahkan, masyarakat hanya cukup merogoh kocek Rp 10 ribu untuk mendapatkan pelayanan di sore hari tersebut. Jumlah itu, sudah termasuk obat bagi yang tidak mempunyai kartu Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan atau pun Kartu Indonesia Sehat (KIS). Sedangkan yang memiliki kedua kartu tersebut, tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

“Pelayanan sampai pukul 21.00 WIB hanya untuk Poli Umum saja, dengankan untuk Poli KIA, gigi, laboratorium, dan gizi jam buka pelayanannya tetap hanya sampai pukul 14.30 wib,” tambahnya.

Menurut Elin, perpanjangan jam pelayanan tersebut guna melayani masyarakat yang sedang sakit, tetapi tidak sempat berobat pada pagi hari. Namun, karena masih baru pihaknya akan terus melakukan pemantuan dan pembenahan untuk melihat efektivitas penambahan jam operasional tersebut.

“Semoga dengan penambahan jam pelayanan ini bisa berguna bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang kami sediakan,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :