literasi informasi

Maman Suherman saat menjadi narasumber dalam acara “tebar virus literasi informasi” di Aula Perpustakaan Umum Kota Depok, Rabu (3/8/2016)

depok.go.id – Minimnya minat baca dikalangan anak, remaja, maupun orang dewasa menjadi perhatian khusus, pasalnya membaca merupakan salah satu hal yang harus dilakukan dalam mendapatkan berbagai informasi. Pemerintah Kota Depok melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok mengajak sejumlah kalangan untuk menumbuhkan minat baca melalui berbagai upaya, salah satunya yaitu tebar virus literasi informasi.

“Tidak dipungkiri saat ini banyak masyarakat yang mulai meninggalkan kebiasaan untuk membaca, melalui kegiatan ini kami ingin masyarakat lebih memahami ilmu literasi untuk memperoleh informasi,” tutur Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok Siti Chaerijah Aurijah, Rabu (3/8/2016).

Dirinya menambahkan bahwa ilmu literasi sangat dibutuhkan masyarakat. Melalui ilmu literasi masyarakat dapat lebih kritis dan bisa memilah segala info yang semakin banyak tersebar. Masyarakat juga akan semakin paham pentingnya mengenal sebuah kabar dengan lebih bijak menelaah kebenarannya.

Untuk lebih mendalami makna literasi informasi tersebut, acara yang digelar di Aula Perpustakaan Umum Kota Depok ini menghadirkan narasumber yang peduli terhadap dunia membaca, yaitu Maman Suherman. Notulen talkshow pada sebuah stasiun televisi tersebut hingga kini selalu mengajak masyarakat Indonesia dalam memahami pentingnya literasi informasi.

“Setiap minggu saya selalu mendatangi daerah-daerah terpencil dan membawa banyak buku untuk dibaca, sehingga meskipun berada di wilayah yang jauh mereka tetap dapat memperoleh informasi dengan membaca buku,” tutur Maman saat menjadi narasumber pada acara tebar virus literasi informasi.

Lelaki yang juga memiliki perahu pustaka ini berpesan kepada masyarakat di Kota Depok untuk mulai membaca. Membaca tidak harus melalui buku, masyarakat dapat memanfaatkan gadget yang dimiliki untuk memperoleh informasi. Tentunya tetap harus memastikan informasi yang didapat tersebut baik dan benar. (Indri/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :