03092015 UPT Puskesmas Tapos Bekali Warga dengan Siaga Kebakarandepok.go.id – Salah satu bentuk kesiagaan terhadap bencana, khususnya kebakaran, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kecamatan Tapos membekali warganya melalui workshop pencegahan dan penanganan kebakaran. Pada workshop ini, peserta yang hadir merupakan perwakilan dari karang taruna, pelaku home industry, TP PKK Kecamatan Tapos, Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS), dan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Kecamatan Tapos.

Kepala UPT Puskesmas Tapos, Mamik Juniarti mengatakan bahwa tujuan diadakannya workshop ini agar masyarakat bisa mengantisipasi dan mencegah kebakaran, serta agar warga Tapos mengetahui penanggulangan dan akibat yang dapat ditimbulkan dari bencana kebakaran.

“Puskesmas sebagai tempat pelayanan publik merasa mempunyai kepentingan untuk memberikan sosialisasi pencegahan dan penanganan bahaya kebakaran pada masyarakat,” ujar Mamik.

Workshop ini menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok sebagai pengisi materi. Para peserta pun tampak antusias saat mengikuti workshop ini, hal tersebut ditambah dengan praktek langsung memadamkan api apabila terjadi kebakaran di rumah.

Sementara itu, Camat Tapos, Muchsin Mawardi menyambut baik diadakannya workshop kebakaran yang mengambil tempat di Kinasih Resort tersebut. Menurutnya, ini merupakan kegiatan lintas sektoral yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Workshop ini salah satu contoh sinergitas yang baik antara UPT Puskesmas dengan Dinas Damkar, dan sangat bermanfaat sebagai penambah pengetahuan bagi warga Tapos khususnya tentang penanganan kebakaran,” tutur Muchsin seraya berharap.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengapresiasi workshop yang diadakan oleh UPT Puskesmas Tapos. Ia juga mengatakan bahwa sebisa mungkin peserta yang mengikuti workshop kali ini bisa meneruskan pada warga Tapos lain yang tidak hadir.

“Workshop yang menarik ini jangan hanya sampai di sini saja, tetapi ada baiknya peserta yang hadir dapat mensosialisasikan kembali pada tetangganya masing-masing sehingga warga Tapos dapat lebih tanggap lagi terhadap bahaya kebakaran,” pungkas Idris. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :