Camat Cipayung Asep Rahmat saat memberikan sambutan dalam kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas PKDRT Tahun 2019, di Aula Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Rabu (02/10/19). (Foto : Diskominfo)

depok.go.id-Camat Cipayung, Asep Rahmat, punya tips khusus bagi pasangan muda yang akan atau pun baru menikah. Menurutnya, memperdalam wawasan dan membangun rasa saling pengertian itu penting untuk mempertahankan usia pernikahan.

“Saya kerap memberikan beberapa tips kepada warga dalam setiap kesempatan. Ini penting untuk menambah wawasan bagi calon pengantin, maupun pasangan yang sudah berkeluarga agar hubungan tetap harmonis,” ujarnya, saat Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Poktan PKDRT di Pondok Jaya, Kamis (03/10/2019).

Adapun beberapa pesan yang sering disampaikan, kata Asep, antara lain, usia perkawinan harus matang antara laki-laki maupun perempuan. Karena menikah pada usia muda masih rentan, mengingat ego yang masih tinggi.

“Selain itu, pembekalan materi kerumahtanggaan sebelum menikah atau Kursus Calon Pengantin (Suscatin) juga penting dilakukan. Agar masing-masing individu mengetahui peran yang harus diambil saat sudah berumah tangga,” katanya.

Lebih lanjut, kata Asep, bagi yang sudah berumah tangga, membangun komunikasi yang baik serta saling percaya bisa menjadi kunci keutuhan rumah tangga. Tidak hanya itu, menjalankan perintah agama sesuai akidah dan norma yang berlaku juga menjadi penyejuk dalam rumah tangga.

“Satu lagi yang terpenting adalah hindari hidup mewah, karena ini bisa menjadi pangkal permasalahan ekonomi. Jika seluruh pasangan menjalankan hal tersebut, bukan tidak mungkin ketahanan keluarga yang menjadi program unggulan Kota Depok, bisa terwujud,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :