Salah seorang Kader PKK tengah mengikuti Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kota Depok. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id -Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok menyambut baik adanya Hari Pangan Sedunia (HPS) yang diperingati setiap 16 Oktober. Hal tersebut dikarenakan HPS dapat menjadi momentum meningkatkan kesadaran warga Depok terhadap isu ketahanan pangan.Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPP Depok, Hermin Kusmiati mengatakan, kesadaran tentang ketahanan pangan juga dikuatkan dengan program Lomba Cipta Menu (LCM) Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). Baik yang diadakan di wilayah hingga mengikuti LCM B2SA di level provinsi atau nasional.

“Berbagai jenis pangan lokal sarat dengan kandungan gizi yang baik untuk meningkatkan kesehatan masyarakat,” kata Hermin disela-sela Peringatan HPS Tingkat Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Indramayu, Kamis (03/10/2019).

Melalui program LCM B2SA, warga Kota Depok diharapkan bisa mengurangi konsumsi nasi dan menggantinya dengan bahan lokal lainnya. Menurutnya, program ini juga dapat meningkatkan kreativitas masyarakat dalam menyajikan makanan.
Selain itu, sambung Hermin, dengan adanya LCM B2SA mendorong para petani untuk meningkatkan produksi bahan makanan di luar beras. Seperti sukun atau singkong.
“Karena di LCM B2SA bukan hanya memperhatikan rasa, namun juga kandungan gizi di dalam makanan tersebut,” pungkasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :