Pelaksanaan BIAS di salah satu sekolah dasar di Depok. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Kota Depok melakukan upaya peningkatan kekebalan tubuh dan pencegahan penyakit bagi anak usia sekolah dasar melalui Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Langkah yang sudah dilaksanakan sejak Agustus – Oktober 2019 sudah mencapai 85 persen.

“BIAS sasarannya anak sekolah dasar. Kami sudah lakukan sejak Agustus kemarin, saat ini sudah mencapai 85 persen dari jumlah sasaran 36.884 anak di Kota Depok,” tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita kepada depok.go.id, Kamis (03/10/2019).

Dikatakannya, pelaksanaan BIAS masih berlangsung hingga pertengahan Oktober. Adapun sasarannya kelas I, II dan V untuk sekolah dasar/madrasah/sederajat.

Menurutnya, BIAS dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penyakit campak, rubella, difteri, dan tetanus neonatorum. Maka lewat pelaksanaan BIAS dapat mengantisipasi penyakit yang paling cost effective tersebut, karena bisa menyebabkan cacat hingga kematian.

“Pastikan setiap anak harus melengkapi imunisasi ini,” ujarnya.

Novarita menambahkan, pelaksanaan BIAS dilakukan di sekolah-sekolah. Namun, bagi anak yang tidak hadir ketika pelaksanaan BIAS dapat melakukan imunisasi di Puskesmas setempat.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :