Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama Komandan Kodim 0508/Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj berkeliling melihat produk para PKMPKH Kecamatan Tapos. (Foto: Janet/Diskominfo)

depok.go.id-Belasan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH)  Kecamatan Tapos turut menyukseskan kegiatan pencanangan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)  tahun 2019 yang digelar di Lapangan Sanca, Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos, Rabu (02/10/2019). Dalam acara tersebut, warga menjajakan berbagai produk ekonomi kreatif seperti kuliner hingga kerajinan tangan.

Kasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Depok, Muliasri Ali mengatakan, para KPM PKH terus dibina agar tidak tergantung terhadap bantuan-bantuan sosial dari pemerintah. KPM PKH juga terus didorong agar dapat mandiri, salah satunya dengan membuat berbagai produk ekonomi produktif.

“Kami dari Dinsos memfasiltasinya. Mereka akan diikutsertakan dalam setiap kegiatan pemerintah dengan menjajakan hasil produknya. Seperti dari Tapos ada busana, kerajinan tangan serta produk kuliner tradisional seperti peyek,” ujarnya kepada depok.go.id.

Sementara itu, Supervisor PKH, Enny mengatakan, KPM PKH diharapkan dapat terus meningkatkan ekonominya. Dengan begitu, mereka dapat keluar dari zona keluarga prasejahtera sehingga bisa mandiri.

Untuk mengurangi ketergantungan bantuan pemerintah, kata Enny, para KPM PKH mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat melalui Dinas Sosial Kota Depok agar dapat mengembangkan usahanya.

“Acara bazar mereka ikut, pelatihan juga diberikan seperti pemasaran. Termasuk juga permodalan dilakukan untuk mendorong mereka maju,” ucapnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :