Ilustrasi pelaksanaan bursa kerja yang rutin dilaksanakan Disnaker Kota Depok. ( Foto : Bima/Diskominfo)

depok.go.id- Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok cukup serius dalam menekan angka pengangguran bagi warga usia produktif. Salah satunya dengan rutin menggelar bursa kerja setiap tahunnya.

“Pada tahun 2017, di Kota Depok terdapat 72.521 orang menganggur, dan dari jumlah tersebut sekitar 30 persennya merupakan lulusan SMA. Untuk 2018, masih belum lengkap datanya,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok, Diah Sadiah, Senin (03/12/2018).

Menurutnya, Kota Depok merupakan salah satu kota tujuan warga yang mencari pekerjaan. Untuk itu, Pemerintah Kota Depok memaksimalkan pelaksanaan job fair yang bekerja sama dengan ratusan perusahaan. Namun, tetap diutamakan pelamar warga Kota Depok.

“Biasanya dalam job fair tersebut, bisa sampai puluhan ribu pelamar. Alhamdulillah, warga Kota Depok yang datang hampir 70 persen diterima sesuai dengan keahliannya,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, Disnaker Kota Depok juga menyebarkan informasi lowongan kerja ke masyarakat melalui pelayanan AK1 (kartu kuning) dan melakukan pelatihan bagi usia produktif yang belum bekerja. “Ini dilakukan agar masyarakat punya kemampuan untuk mandiri dan bisa membuka lapangan pekerjaan atau paling tidak mencari lowongan kerja” tutupnya.

Penulis : Dian Afrianti Kunto
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :