Simaya

siMAYA, aplikasi perkantoran di lingkungan pemerintahan daerah yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). (Foto Ilustrasi : Indri/Diskominfo)

depok.go.id – Upaya pemanfaatan teknologi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia kini telah mengembangkan aplikasi perkantoran di lingkungan pemerintahan daerah yang bernama siMAYA.

“Inovasi ini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemerintah pusat maupun daerah di bidang administrasi perkantoran dengan mengunakan gadget yang dimiliki,” tutur Kepala Sub. Direktorat Aplikasi Layanan Kepemerintahan Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Bambang Dwi Anggono, saat memberikan sosialisasi siMAYA bagi ASN Kota Depok di aula lantai 5 Balai Kota Depok, Senin (04/01/2016).

Aplikasi yang dirilis sejak 2013 tersebut merupakan digitalisasi dari Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) di lingkungan instansi pemerintahan. Dalam penggunaannya, siMAYA dapat memberikan efisiensi terkait surat dan disposisi antar pimpinan dengan stafnya.

Selain itu, inovasi ini dapat menghemat kertas karena prosesnya menggunakan aplikasi digital dan mampu menghemat waktu dengan ukuran detik. Jika menggunakan proses surat menyurat dapat sampai hingga berhari-hari.

Saat ini, lanjut lelaki yang kerap disapa Ibeng tersebut mengungkapkan bahwa sudah sebanyak 222 instansi pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah telah menggunakan siMAYA. Selanjutnya, diharapkan Pemerintah Kota Depok dapat turut serta mengimplementasikan digitalisasi dari Peraturan Menteri PAN dan RB tersebut demi menyukseskan keberadaan aplikasi ini.

Sementara itu, Sekteraris Daerah Kota Depok, Harry Prihanto, mendukung penuh dengan adanya pemanfaatan teknologi tersebut. Pihaknya akan mengajak seluruh ASN di Kota Depok untuk menggunakan aplikasi tersebut dalam kepentingan administrasi perkantoran.

“Kami sangat mendukung pemanfaatan ini, semoga Depok dapat berhasil seperti wilayah lain,” ungkap mantan Kepala Badan Kepegawaian Kota Depok ini berharap. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :