osakiPemerintah Kota Osaki Jepang hari ini, Rabu (04/02/2015) berkeliling Kota Depok untuk melakukan evaluasi terkait kerjasama dengan Kota Depok, yaitu pengolahan sampah organik. Pengolahan sampah organik ini merupakan kerjasama yang telah dilakukan sejak tiga tahun lalu.

“Setelah kerjasama Depok dan Osaki selama 3 tahun lalu, saat ini mereka memantau kinerja UPS di Depok dalam menangani sampah organik,”jelas Kasi Pengolahan Sampah Bidang Kebersihan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok, Burhanudin.

Dalam evaluasi ini Walikota Kota Osaki Jepang Higashi Yushiro juga turut ikut turun ke lapangan dalam melakukan pemantauan. Beliau bersama rombongan pada hari ini mengunjungi Pok Lili, UPS Merdeka 1, UPS Merdeka 2, serta Bank Sampah Depok. Sebelumnya pada Selasa kemarin, mereka mengunjungi UPS UI, SMPN 2, UPS Permata serta UPS Ratujaya.

Burhan menjelaskan bahwa selain untuk mengevaluasi kerjasama mengenai pengolahan sampah organik, kedatangan tim Osaki Jepang juga untuk menjajaki kerjasama lanjutan antar kedua belah pihak.

“Untuk kerjasama lanjutannya, pihak Osaki nantinya akan membantu Kota Depok dalam hal pengolahan sampah non organik,” jelas Burhan.

Jika kerjasama lanjutan berjalan, nantinya Pemkot Depok akan membangun sebuah gedung yang memfokuskan kegiatan daur ulang sampah non organik. Lahan untuk pembangunan gedung tersebut sudah ditetapkan yaitu di GDC Kota Kembang.

“Jika berlanjut nanti Depok akan memiliki tempat khusus pengolahan sampah non organik,” jelas Burhan. Selanjutnya tim Osaki dijadwalkan akan bertemu dengan Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail beserta OPD terkait seperti DKP dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) pada Kamis besok. (Rysko/Diskominfo)

Bagikan post melalui :