Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok, Widyati Riyandani turut menanggapi aksi begal yang dilakukan tiga siswa tingkat SMA. Tiga pelajar tersebut ditangkap Polresta Depok pada hari minggu kemarin.

Menurut perempuan yang akrab disapa Wid ini, tiap orang tua harus selalu aktif memberikan perhatian dan kasih sayang terhadap anak-anaknya. Hal tersebut sangat penting dilakukan terlebih kepada anak yang sedang dalam masa transisi sedang mencari jati diri.

“Kontrol tumbuh kembang anak serta kasih sayang terus menerus harus dilakukan, hal ini bisa mengajarkan mengenai berbagai hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anak,” ujarnya, Rabu (04/02/2015).

Wid menambahkan dengan usia remaja seperti mereka, peran orang tua sangatlah besar, karena masa-masa tersebut anak pasti ingin melakukan hal-hal baru dan mengikuti lingkungan pergaulan mereka. Jika lingkungan pergaulan mereka buruk, disinilah peran orang tua agar anak tidak terjerumus terlalu dalam ke pergaulan buruk tersebut.

“Intinya berikan perhatian, jangan sungkan menanyakan tentang hari-hari yang mereka lalui, baik itu saat mereka sekolah dan bermain. Selalu terapkan keterbukaan pada anak,” ujarnya.

Selain itu, Wid juga mengatakan bahwa pihaknya akan mendampingi ketiga anak tersebut dalam menjalani proses hukum. Jangan sampai hak-hak mereka sebagai anak tidak terpenuhi.

“Kami akan mendampingi mereka sesuai tupoksi kami,” ujarnya. (rysko/Diskominfo)

 

Bagikan post melalui :