cat pns

Suasana ujian CAT. (Dokumentasi : Diskominfo)

depok.go.id – Jumlah PNS Kota Depok yang hanya 7.840 PNS masih dianggap kurang untuk melayani penduduk Depok yang saat ini sudah mencapai 2 juta lebih. Melihat kenyataan yang seperti itu, maka Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Kota Depok berniat untuk mengajukan kuota 3000 PNS kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada saat pembukaan CPNS nanti.

“Memang belum ada kabar kapan penerimaan CPNS akan dibuka, namun kami sudah menyiapkan ajuan 3000 PNS kepada Kemenpan, karena idealnya satu orang PNS melayani 100-150 orang,” ujar Kepala Bidang Data dan Administrasi Kepegawain, BKD Kota Depok, Nancy.

Nancy mengatakan bahwa Depok masih membutuhkan tambahan PNS di bidang medis dan dokter. Apalagi jika menengok persiapan visi dan misi rumah sakit di wilayah timur dan pelayanan Puskesmas yang 24 jam.

“Hal yang menggembirakan adalah untuk saat ini kami bisa mengajukan kuota, sebelumnya jumlah kouta penerimaan itu ditentukan oleh pusat. Namun, tentunya nanti melalui proses pertimbangan juga dari pihak kementerian,” tambahnya.

Meski begitu, menurut Nancy, kekurangan ini ditutupi dengan meningkatkan soliditas dan memberikan ruang inovasi bagi PNS, sehingga jumlah kekurangan tersebut bisa sedikit di atasi. Selain itu juga mendidik PNS melalui diklat atau pelatihan untuk meningkatkan kapasitas SDM juga dilakukan.

“Dengan begitu akan ada peningkatan efisiensi, meski terdapat kekurangan PNS. Intinya kekurangan kuantitas ini kami tambal dengan peningkatan kualitas,” tutupnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :