halte layak anak

Salah satu halte layak anak di kota depok terletak di Lembah Gurame. (Foto : Dishub Kota Depok)

depok.go.id – Untuk mendukung Program Kota Layak Anak (KLA), Dinas Perhubungan Kota Depok merubah fungsi mainan mangkuk putar di Jalan Tanah Baru, Beji, menjadi tempat duduk anak untuk menunggu angkutan umum. Dengan perubahan desain dan fungsi ini, anak-anak bisa menunggu angkutan umum tanpa takut kepanasan dan kehujanan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Gandara Budiana mengakui, telah memperbaiki kegunaan halte yang sebelumnya merupakan permainan anak. Saat ini permainan anak itu, sudah tidak difungsikan lagi secara permanen.

“Halte ini justru menjadi sebuah inovasi dari Dinas Perhubungan. Anak yang menunggu dapat duduk melingkar dan tertutup payung, sehingga tidak kepanasan atau kehujanan”, ujarnya, Sabtu (04/02/17).

Gandara juga mengajak kepada tim Kota Layak Anak agar bisa memahami kondisi halte sekarang yang sudah diperbaiki kegunaannya. Walupun pada awal pembuatannya, diperuntukkan untuk anak-anak bermain.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Depok, Eddy Suparman menambahkan, semua permainan anak yang ada di halte sudah tidak berfungsi lagi. Fungsinya hanya sebagai tempat duduk biasa bagi anak-anak.

“Kejadian di Halte Kusuma Bangsa itu dikarenakan yang duduk orang-orang dewasa, sehingga permainan tersebut roboh,” ujarnya.

Guna menjaga keberadaan halte itu, pihaknya akan melakukan koordinasi kepada para camat dan lurah untuk melakukan sosialisasi pemeliharaan fasilitas umum.

“Ini kita lakukan agar warga sadar dengan keadaan fasilitas umum ini, sehingga ada keinginan untuk menjaga dan memanfaatkannya dengan baik,” tegasnya.

Penulis : Agus
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :