IDI

Ketua IDI Kota Depok, Sukwanto Gamalyono saat ditemui di Kantor IDI Depok pada.

Depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok ingin mewujudkan kota yang unggul di berbagai sektor, tak terkecuali di bidang kesehatan. Guna mencapai hal itu diperlukan sinergitas yang baik antara pemerintah kota, masyarakat, serta stakeholder yang bergerak di bidang kesehatan.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kota Depok menjadi salah satu yang siap berkomitmen bersama, demi mewujudkan Kota Depok yang cerdas dan sehat. Ketua IDI Kota Depok, Sukwanto Gamalyono menegaskan pihaknya siap berperan aktif dan turut berpartisipasi, dalam menciptakan masyarakat Depok yang sehat.

“Menurut kami, masyarakat yang sehat dan cerdas adalah masyarakat yang sehat secara fisik dan memahami penyakit apa yang mungkin diderita serta bagaimana cara mengobatinya,” kata Gamal, Jumat (03/02/2017).

Adapun dorongan tersebut diwujudkan dalam program-program rutin IDI Depok setiap tahun. Beberapa program tersebut di antaranya peningkatan kompetensi tenaga kesehatan khususnya dokter, pengabdian diri terhadap masyarakat, serta seminar dan penyuluhan penyakit kepada masyarakat Depok.

Selain itu, saat memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI), IDI sempat menggelar donor darah, pengobatan massal secara gratis, penanaman pohon di bantaran Ciliwung Hingga melakukan pungutan sampah di Terminal Depok.

Terkait bentuk sinergi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Gamal mengatakan telah menjalin beberapa kerjasama yang sudah berjalan. Salah satu contohnya adalah pengadaan pelatihan kepada para dokter yang bertugas di poliklinik, untuk menangani penyakit TBC. Sehingga penanganan penyakit TBC tidak lagi bergantung kepada puskesmas.

Pelatihan ini juga menjadi penting, lantaran sebesar 70 persen masyarakat kota Depok, lebih memilih untuk berobat di poliklinik, dibandingkan ke puskesmas. Untuk itu, pelayanan kesehatan serta dokter di poliklinik perlu dimaksimalkan.

“Saya juga berharap agar sinergitas antara IDI Dan Pemkot Depok, dapat terus berjalan baik, demi terwujudnya masyarakat yang sehat dan cerdas,”tutupnya.

Penulis: Guntur Widyanto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

 

 

Bagikan post melalui :