Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang saat Kunker ke Diskominfo Kota Depok di lantai 7, gedung Dibaleka II, Senin (04/02/19). (Foto: Bima/Diskominfo).

depok.go.id-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemerintah Kota Depok. Kunker tersebut, guna mempelajari aplikasi Depok Single Window (DSW) yang terintegrasi dengan berbagai jenis pelayanan di Kota Depok.

Kepala Diskominfo Kota Padang, Suardi mengatakan, Kota Padang termasuk salah satu kota dari 100 kota menuju Smart City yang ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia. Untuk itu, pihaknya membutuhkan inovasi dan informasi dalam mengembangkan Smart City tersebut.

“Seperti yang kami tahu, Kota Depok memiliki beberapa aplikasi terkait pelayanan masyarakat yang sudah terintegrasi. Salah satu yang menarik kami untuk mempelajarinya adalah aplikasi DSW,” tuturnya kepada depok.go.id usai Kunker ke Diskominfo Kota Depok di lantai 7, Gedung Dibaleka II, Senin (04/02/19).

Dikatakannya, dengan kondisi Kota Padang yang rawan bencana alam khususnya gempa, pihaknya ingin mengembangkan suatu aplikasi yang dapat terintegrasi dengan seluruh pelayanan publik. Semua itu, guna memudahkan pihaknya dalam menangani berbagai persoalan di masyarakat.

“Untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, saat ini kita juga sedang mengembangkan aplikasi Padang Lapor untuk menangani pengaduan masyarakat. Mudah-mudahan dengan kunker ini dapat menambah pengetahuan kami dalam mengembangkan berbagai aplikasi terkait pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono menuturkan, DSW merupakan aplikasi yang menghubungkan berbagai pelayanan publik di Kota Depok. Mulai dari pelayanan di bidang kesehatan, kegawatdaruratan, pajak, dan lainnya.

“Terkait dengan DSW, ini sudah menjadi suatu kebutuhan saat ini. Tetapi, yang paling berat dalam mengembangkan aplikasi adalah pengintegrasian seluruh data yang ada di setiap Perangkat Daerah (PD) karena perlu koordinasi yang intens,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Dunih

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :