Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Ambar Widjajanti. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong menggalakkan Gerakan Masyarakat Cegah Jentik Kecamatan Cilodong (Gema Cantik Cilodong). Upaya tersebut dilakukan sebagai langkah dalam mencegah perkembangbiakan jentik di setiap rumah.

Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Ambar Widjajanti mengatakan, selain mencegah penyakit Demam Bedarah Dengue (DBD), program tersebut juga dinilai efektif untuk mencegah penyakit Malaria, Zika, dan Japanese Encephalitis.

“Penyakit tersebut disebabkan karena gigitan nyamuk maka harus dilakukan antisipasi dengan menerapkan Gema Cantik agar lebih efektif,” tuturnya kepada depok.go.id usai Launching Gema Cantik Cilodong di aula Kantor Kecamatan Cilodong, Senin (04/02/19).

Dikatakan Ambar, sapaan akrabnya, melalui gerakan tersebut nantinya disetiap rumah memiliki Juru Pemantau Jentik (Jumantik) dari salah satu anggota keluarga. Selanjutnya, dapat melaporkan hasil pemeriksaannya setiap satu minggu sekali ke puskesmas setempat.

“Akan ada laporan setiap minggunya dari masing-masing Jumantik, apakah terdapat jentik nyamuk atau tidak,” katanya.

Ambar berharap dengan adanya gerakan tersebut di wilayah Kecamatan Cilodong dapat terbebas dari wabah nyamuk. Dengan begitu, upaya mewujudkan kecamatan sehat dengan meningkatkan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat dapat terwujud.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :